Info dan Inspirasi, Lifestyle, Traveling

Titik Balik Menjadi Lebih Baik di Bulan yang Baik, Marhaban yaa Ramadhan!

Titik Balik Menjadi Lebih Baik di Bulan yang Baik, Marhaban yaa Ramadhan!

Marhaban yaa Ramadhan.. Alhamdulillah, bulan yang dirindukan oleh Umat Muslim di seluruh dunia telah tiba. Sejak Ramadhan tahun lalu, setiap hari saya selalu berdoa untuk disampaikan di Bulan Suci Ramadhan tahun yang akan datang bersama seluruh keluarga dan teman-teman yang saya cintai. Ramadhan tahun ini sangat berbeda bagi saya, biasanya saya selalu semangat. Sejak menikah, saya sudah tinggal jauh dari keluarga saya yang tinggal di Jakarta dan Tangerang. Yaaa, saat ini saya dan suami tinggal di Surabaya, sekarang lebih baik, dua tahun lalu saya dan suami tinggal di Sumbawa Besar (NTB).

Iklan-iklan di TV semuanya menyambut Ramadhan dengan keluarga besar…

Saya menyimpan rasa rindu yang sangat kepada keluarga saya, terutama kepada mama saya. Saya kangen masakan mama, kangen lihat mama senyum dan tertawa, kangen jalan-jalan sama mama. Sebenarnya mudah saja bagi saya untuk pulang ke Jakarta. Tapi, saya tahu kalau saat ini selain sebagai seorang anak, saya adalah seorang istri. Saya harus mendampingi suami saya, terutama di Bulan Ramadhan ini. Apakah ada teman-teman yang merasakan dilema seperti saya saat ini??

Titik Balik Menjadi Lebih Baik di Bulan yang Baik, Marhaban yaa Ramadhan!

Down Program Hamil

Sebelumnya, saya selalu bisa berdoa dengan khusyuk, saya selalu tadarus setiap sehabis solat lima waktu. Niat saya sangat kuat untuk membaca Qur’an, yaitu agar bisa khatam sebelum Ramadhan berakhir dan setelah Ramadhan bisa memulai lagi dari awal. Belum lagi kegiatan fisik yang saya lakukan setiap harinya. Saya rajin jogging setiap pagi, saya juga suka berjemur di bawah sinar matahari agar lebih sehat. Saya sangat semangat, apalagi saya memang sedang melaksanakan program hamil. Beberapa hari memasuki Ramadhan, semangat saya malah mengendur. Saya menjadi lesu, yang ada di benak saya adalah “saya sendiri lagi deh Ramadhan tahun ini”.

Saya tidak bisa menangis sama sekali walaupun sekedar melepas apa yang tersimpan di hati saya. Bisa dibilang, saya sudah tidak tahu apa yang saya mau dan saya tuju. Jujur, saya sangat down karena program hamil yang saya dan suami jalani masih belum berhasil, apalagi ini adalah tahun ke-tiga pernikahan kami. Hal itulah yang membuat saya merasa sangat kangen dengan keluarga.

Saya terus berusaha melawan kesedihan saya! Kasihan suami saya kalau saya terus menerus bersedih. Saya yakin suami saya juga pasti sangat sedih, makanya saya harus ceria lagi. Yang terpenting, saya tidak boleh melewatkan Bulan Suci Ramadhan ini begitu saja. Ini adalah bulan baik, bulan penuh berkah. Pasti ada hikmah dari segala yang saya alami saat ini.

Titik Balik Menjadi Lebih Baik di Bulan yang Baik, Marhaban yaa Ramadhan!
Suami yang selalu support!

Semangat di Bulan Ramadhan

Tidak butuh waktu terlalu lama, di hari ke-tiga Ramadhan (di hari pertama saya puasa) saya mulai memaksakan diri untuk membuka lagi Al-Quran. Yang saya tuju adalah Qur’an Surat Maryam yang merupakan surat ke-19 di dalam Al-Quran. Saya baca pula arti ayat per ayatnya, saya pahami arti ayat-ayat tersebut.

Dalam Surat Maryam, intinya adalah: Allah mengabulkan doa Nabi Zakaria untuk memperoleh anak di usia yang sudah sangat tua; kisah Nabi Isa yang dilahirkan dari Maryam tanpa Ayah; kisah Nabi Ibrahim dengan Ayahnya; kisah Nabi Musa seorang yang dipilih oleh Allah; Nabi Ismail yang benar dalam janjinya; kisah Nabi Idris yang sangat kuat keyakinannya.

Dari kisah tersebut, saya memetik hikmah yang banyak. Allah berbuat sesuatu menurut kehendak-Nya, walaupun hal itu menyimpang dengan hukum-hukum alam. Segala yang tidak mungkin, sangat mudah bagi Allah jika Allah sudah berkehendak. Termasuk apa yang selama ini saya harapkan, apa yang tidak pernah saya berhenti minta kepada Allah, hal ini mudah di sisi Allah. Saya hanya perlu berusaha dan berdoa lebih keras dibanding yang lainnya.

Tips Melawan Sepi

Hidup jauh dari keluarga pasti “temannya” adalah sepi, apalagi disaat saya menunggu suami saya bekerja. Ditambah lagi, saya tidak memiliki kegiatan rutin setiap harinya, seperti wanita lainnya yang bekerja di perkantoran atau ibu rumah tangga lain yang telah memiliki anak yang meramaikan rumah tangga mereka. Biasanya adanya perasaan sepi tersebut melahirkan pikiran-pikiran yang tidak baik, malah bisa stress, akhirnya hati semakin tidak tenang. Karena hati tidak tenang, maka kita tidak bisa ceria, yang pasti kreativitas akan mati. Belum lagi masalah kesehatan yang akan timbul! Nantinya bukan menyelesaikan masalah malah menambah masalah, kan!

Titik Balik Menjadi Lebih Baik di Bulan yang Baik, Marhaban yaa Ramadhan!
Kangen!!

Duh, berlarut-larut dalam kesedihan dan keterpurukan gini bukan saya banget!! Sebagai seorang yang beriman, saya sadar, bahwa Allah memberikan ujian kepada manusia sesuai dengan kemampuan setiap umat-Nya. Pasti saya bisa melalui ini semua!! Rasa sepi itu adalah kehendak Allah untuk saya, saya harus terima. Saat ini, saat saya menulis tulisan ini, saya sudah mulai membangun semangat saya lagi untuk beribadah, saya juga tidak mau bersedih lagi. Perubahan suasana hati ini merupakan berkah terbesar bagi saya.

Bulan yang penuh berkah ini adalah salah satu titik balik bagi saya. Saya menyadari, apa yang saya alami dan segala apa yang saya miliki saat ini sudah lebih dari cukup. Terutama saya memiliki suami yang baik yang selalu men-support apa yang saya lakukan.

Don’t give up!!

Intinya, saya tidak mau mengeluh dengan apapun kondisi saya saat ini. Beberapa hal yang saya lakukan untuk melawan sepi saya antara lain adalah:

  • Hidup disiplin dengan tidak menunda-menunda pekerjaan rumah seperti membereskan rumah, mandi, masak, mencuci piring, mencuci pakaian, setrika pakaian, dll.
  • Melaksanakan Sholat di awal waktu di setiap lima waktunya, ditambah dengan tadarus dan tadabur Al-Qur’an agar hati menjadi lebih tenang.
  • Meluangkan waktu untuk menjalankan hobi. Hobi saya yang biasa saya lakukan sehari-hari antara lain adalah menulis blog, membaca buku tema traveling, dan menonton drama Korea.
  • Berkumpul bersama teman-teman agar bisa sharing pengalaman, menambah ilmu, memperbaiki mood, serta menjalin silahturahmi. Biasanya saya berkumpul dengan teman-teman dari komunitas blogger di daerah saya.
  • Biasanya untuk melegakan hati dan pikiran, saya akan curhat ke suami saya dan yang pasti saat berdoa kepada Allah. Ini penting banget, karena setelah itu kita akan menjadi lebih tenang. Jangan sampai salah tempat curhat ya! Hehe.
  • Kalau ada masalah segera diselesaikan.
  • Kalau kangen yaa telpon atau video call.
  • Jangan lupa olah raga dan makan makanan yang sehat. Karena hidup itu seperti investasi, kalau mau sehat yaa harus menyicil hidup sehat sejak dini.
  • Yang terpenting, sayangi diri sendiri!!

Semangat Baru

Saya highlight yang “sayangi diri sendiri” yaa teman-teman.. Ini penting banget loh! Yang tahu kemauan kita ya diri kita sendiri. Yang tahu ada masalah yaa diri kita sendiri. Coba sekali-kali luangkan waktu buat diri sendiri, jauhkan dari sosial media, jauhkan dari hal-hal yang kita tidak suka, hanya pikirkan yang kita sukai. Cari tahu apa yang salah, apa yang kita mau dan ungkapkan ke orang terdekat kita.

Setelah menikah, saya belajar untuk lebih banyak meluangkan waktu untuk diri saya sendiri. Saya mau setiap saat bisa jadi diri saya apa adanya, tapi ini tidak mudah. Kenapa sih hal ini penting banget? Karena, kalau kita menyayangi diri sendiri, maka kita akan bahagia dan orang sekeliling kita juga akan bahagia, yang pasti kita akan jadi lebih sehat.

Komunikasi yang Baik

Bagi saya, hal ini tidak lepas dari dukungan Suami saya. Tapi ini juga butuh proses yang tidak sebentar, saya harus meyampaikan yang sejujur-jujurnya hal-hal yang saya sukai dan tidak saya sukai kepada suami saya.

Saya kasih contoh yaa beberapa daftar yang saya infokan ke suami saya ketika saya ingin menjadi diri saya sendiri:

  • Saya suka segala aktivitas online, antara lain; menulis blog, main sosial media, melihat video memasak, nonton drama Korea, dan video call dengan keluarga.
  • Saya suka jajan makanan ketika di rumah, di mall dan di pasar sekalipun.
  • Saya suka nonton film-film yang baru saja release di bioskop. Biar eksis!
  • Saya suka traveling. Kalau yang ini, suami saya juga suka banget haha.

Kenapa hal tersebut perlu saya sampaikan kepada suami saya? Karena, kegiatan di atas belum tentu disukai oleh suami saya. Intinya saya perlu mengkomunikasikan kegiatan yang akan sering saya lakukan biar tidak salah paham. Ini juga penting untuk pembagian waktu sehari-hari. Salah satu kunci utama sebagai pasangan suami dan istri adalah komunikasi, betul kan!

Eh, kalau dilihat dari daftar di atas kok saya konsumtif banget ya haha. Pada awalnya saya sedih banget melihat list di atas yang sepertinya butuh budget ekstra! Tapi syukur Alhamdulillah saya punya solusinya. Nah ini penting juga loh teman-teman, kita jangan cuma kasih list aja ke suami, tapi baiknya cari juga solusinya!! Check this out!

Apa Solusinya?

Untuk menjalankan hobi saya di atas, saya tentunya harus memikirkan budget juga. Selain itu, apa yang saya sebutkan di atas nggak semua harus dilaksanakan setiap hari kok! Hehe..

Titik Balik Menjadi Lebih Baik di Bulan yang Baik, Marhaban yaa Ramadhan!
Tampilan TCASH (sumber: Telkomsel TCASH)

Solusinya apa dong?? Tenang, ada TCASH!! Sebagai pengguna kartu Telkomsel, saya beruntung banget bisa berkenalan dengan TCASH! Teman-teman udah pada tahu belum? TCASH adalah layanan uang elektronik yang dapat digunakan oleh semua pelanggan Telkomsel. Berbeda dengan pulsa, teman-teman bisa menggunakan saldo TCASH untuk menggunakan transaksi non-tunai. Seru banget, karena semua bisa dalam satu genggaman, tanpa perlu kartu apapun.

Manfaat TCASH

Beberapa manfaat TCASH yang sudah saya rasakan sejauh ini (terutama untuk hobi saya) antara lain:

  • Karena kemudahan dan kecanggihannya, TCASH mendukung aktivitas online saya! nggak takut kehabisan kuota, karena dengan TCASH bisa isi pulsa dan data dengan mudah. Biasanya saya menulis blog saat sudah benar-benar senggang waktunya, kalau nonton drama Korea bisa dimana saja (ini yang sering banget menghabiskan kuota saya). Saya juga sering video call sama mama dan adik kecil serta keponakan saya di Jakarta, kadangkala kuota mama juga habis, tapi pakai TCASH semua mudah. Caranya tinggal kirim pulsa atau kuota internet ke nomor handphone mama saya pakai TCASH. Pokoknya sejak pakai TCASH, segala aktivitas online saya tidak pernah terhenti.
  • Namanya juga hidup berdua di rantau, otomatis kalau libur pasti ke Mall! Belanja, nonton dan makan-makan lebih mudah dengan TCASH, malah dengan TCASH sering banget dapat diskon. Apalagi saya suka banget minum minuman manis, seperti kopi, teh tarik, cokelat, serta dilengkapi dengan cake atau dessert lainnya, pakai TCASH di beberapa gerai makanan tersebut lebih menyenangkan promonya! Merchant TCASH sudah tersebar di pusat perbelanjaan besar di Indonesia.
  • Saya dan suami suka traveling karena memang ingin memiliki quality time yang lebih baik. Biasanya, kami traveling tidak di weekend, karena suami kerjanya tidak office hour. Untuk urusan pembayaran booking hotel, TCASH memberikan diskon yang menarik! Jadi saya tidak pernah bosan pakai TCASH dimanapun.

Kemudahan TCASH di Jaman Cashless

Di jaman serba cashless saat ini, TCASH sangat memudahkan bagi saya (#JadiBaik #pakeTCASH). Apalagi sebagai ibu rumah tangga, jujur saya sudah tidak memiliki kartu kredit satupun, padahal dulu waktu masih kerja kantoran saya punya empat loh (nggak bangga sih haha). Dimana-mana, tugas ibu rumah tangga harus bisa mengatur pengeluaran (budgeting), harus pinter milih mana yang lebih menguntungkan. Selain memudahkan, TCASH juga menjadi tempat saya untuk mengatur keuangan secara cermat (saya bisa budgeting untuk jajan dan belanja bulanan di aplikasi TCASH). Yang lebih menarik perhatian emak-emak adalah promo-promo TCASH sangat menggiurkan!!!

Untuk top-up saldo TCASH bisa dilakukan melalui beberapa cara, antara lain melalui transfer bank, melalui toko ritel yang sudah tersebar di setiap daerah, agen TCASH, ataupun datang langsung ke GraPARI. Mudah banget pengisiannya yaaa buat yang mager alias males gerak, hehe.

Ramadhan Bisa Balik Menjadi Baik

Alhamdulillah… Salah satu aktivitas saya yaitu menulis blog bisa saya lakukan lagi setelah beberapa minggu merasakan super down akibat gagal program hamil!! Teruntuk yang sudah tertulis di Lauhul Mahfudz, semoga kalian segera hadir di antara mama dan papa ya!! We Love you.

Saya bersyukur menyadari segala kebodohan saya seawal mungkin, jadi saya tidak akan kehilangan banyak waktu untuk beribadah. Dengan TCASH, saya bisa melakukan hal baik lainnya, terutama untuk mengobati kerinduan saya kepada mama dan papa serta adik-adik. Diantaranya saya bisa mentransfer pulsa dan kuota ke orang tua saya dan bisa membelikan token listrik rumah orang tua saya. Dengan TCASH, jarak yang ada tidak menjadi begitu berarti, saya bisa video call an sama mama setiap hari!! Senangnya semua dalam satu genggaman

Titik Balik Menjadi Lebih Baik di Bulan yang Baik, Marhaban yaa Ramadhan!
Ini adikku paling kecil yang paling ngangenin!!

Sebagai istri, saya juga harus banyak belajar masak, apalagi ini Bulan Ramadhan. Padahal sebelum menikah saya sama sekali nggak bisa masak, makanan semua disiapkan sama mama. Love you mama!! Sekarang baru tahu rasanya menyiapkan makanan sendiri. Tapi, menyiapkan menu sahur dan berbuka puasa menjadi tantangan baru bagi saya. Untungnya saya sudah pakai TCASH, jadi saya tidak pernah kehabisan data atau kuota internet ketika menonton video tutorial memasak atau harus video call mama ketika minta ajarin masak berjam-jam! Haha…

Titik Balik Menjadi Lebih Baik di Bulan yang Baik, Marhaban yaa Ramadhan!
Oseng Mercon Sapi khas Jogja (resep hasil internet)
Titik Balik Menjadi Lebih Baik di Bulan yang Baik, Marhaban yaa Ramadhan!
Sapi Lada Hitam (resep hasil internet)

Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh dengan limpahan pahala dan ampunan, di bulan inilah saatnya kita berlomba-lomba dalam kebaikan. Selain memberikan kebaikan kepada keluarga, kita juga bisa memberikan kebaikan semudah gerakan jari tangan kepada orang-orang yang membutuhkan. TCASH menyediakan layanan donasi digital untuk para penggunanya, mudah kan!

Titik Balik Menjadi Lebih Baik di Bulan yang Baik, Marhaban yaa Ramadhan!
Ini cara aktivasi TCASH (sumber: Telkomsel TCASH)

Terima kasih TCASH, sejak menggunakan TCASH segala kebaikan dimudahkan, membuat hati tenang dan senang. Oiya, di bulan puasa ini jangan lupa pakai TCASH yaa untuk membayar segala transaksi kamu saat berbuka puasa di merchant TCASH. Mudah-mudahan teman-teman juga akan merasakan keuntungan dan kemudahan seperti yang saya rasakan selama ini dalam menggunakan TCASH. Informasi mengenai TCASH bisa dilihat di TCASH.id.

Selamat menjalankan Ibadah Puasa teman-teman!!

Mohon Maaf Lahir dan Bathin.

16 thoughts on “Titik Balik Menjadi Lebih Baik di Bulan yang Baik, Marhaban yaa Ramadhan!”

    1. Terimakasih Mbak Rahmah untuk doanya..
      Doa yg baik2 juga buat mbak dan keluarga yaa mbakk ^^
      Iya mbak TCASH mudah krn semua dalam genggaman!!

  1. Semoga promilnya sukses ya mbk dan segera dikaruniai momongan amiin. Dan alhamdulillah bgd ya ada TCash membantu bgd nih soal komunikasi sm keluarga yg berada nun jauh di sana.

    1. Aamiinn…
      Makasi Mbak Inda utk doanya. Doa yg baik2 juga utk mbak dan keluarga…
      Iyaa Mbak TCASH sangat memudahkan komunikasi ke keluarga yg jauh ya..

  2. Wah, kurang lebih rasanya kayak saya ya mbak. Tinggal di tanah rantau emang harus rela menahan rindu dengan keluarga. oh iya, Saya juga pengguna t-cash mbak, dan merasa sangat terbantu sekali.

  3. Sedikit berbagi pengalaman ya, jadi mbakku sempat 3 tahun belum dikaruniai anak & didiagnosa ada kista juga. Segala usaha dijabanin & alhamdulillah akhirnya doa tsb dikabulkan Allah SWT. Cerita dari ibu, menjelang hamil dia rajin sedekah & ga tanggung2 nominalnya.
    Oiya sebagai pengguna telkomsel ku merasa tertinggal belum aktifasi T Cash. Abis ini coba aktifasi deh..hihi

  4. Sedikit berbagi pengalaman ya, jadi mbakku sempat 3 tahun belum dikaruniai anak & didiagnosa ada kista juga. Segala usaha dijabanin & alhamdulillah akhirnya doa tsb dikabulkan Allah SWT. Cerita dari ibu, menjelang hamil dia rajin sedekah & ga tanggung2 nominalnya.
    Oiya sebagai pengguna telkomsel ku merasa tertinggal belum aktifasi T Cash. Abis ini coba aktifasi deh..hiihii

  5. semangat ya Kak.. semoga segera diberi kesempatan untuk dapat amanah dedek bayi dari Allah…
    btw, aku baruuu aja daftar tcash beberapa hari lalu. lebih enak ya pakai cashless gt..

  6. Semangat program hamilnya ya mbak. Semoga semuanya dipermudah dan dedek kecil segera datang :3
    Aku sering denger TCASH dari belum ngeh. TCASH cuma buat pengguna telkomsel aja ya? aku kudet sekali hehehe

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.