Uncategorized

Tempat Wisata Favorit di Lampung

Untuk warga Ibu Kota Jakarta dan sekitarnya jika ingin berlibur serta menikmati keindahan alam tidak perlu jauh-jauh. Lampung bisa menjadi pilihan menarik loh! Lampung sudah seperti paket komplit, karena memiliki beberapa wisata alam yang menarik dan pasti tidak terlupakan.

Beberapa wisata alam yang menurut saya wajib dikunjungi di Lampung adalah sbb.

Pulau Pahawang

Lokasi Pulau Pahawang

Pulau Pahawang terletak sekitar 38 kilometer dari Kota Bandar Lampung. Bisa ditempuh sekitar 3 jam perjalanan yakni melalui perjalanan darat dan laut, namun akses dan transportasinya sudah mudah untuk ditempuh.

Untuk sampai ke Pulau Pahawang, bisa menuju Dermaga Ketapang terlebih dahulu untuk kemudian menyeberang ke Pulau Pahawang. Selain Dermaga Ketapang, sebenarnya Pulau Pahawang juga bisa diseberangi dari lokasi lain seperti Pantai Mutun, Pantai Sari Ringgung, BBIH Hanura dan lainnya.

Namun umumnya pengunjung lebih suka menyeberang via Dermaga Ketapang karena lebih mudah untuk menemukan perahu nelayan yang bisa mengantarkan ke Pulau Pahawang

Diving di Pulau Pahawang

Berwisata di Pulau Pahawang

Pulau Pahawang menjadi tempat wisata yang wajib dikunjungi kalau ke Lampung, di sana teman-teman bisa menikmati sunset yang sangat cantik dan yang pasti untuk yang hobi snorkeling, wajib kesini ya! Yes, Pulau Pahawang menjadi populer berkat keindahan alam bawah lautnya. Snorkeling dan diving adalah aktivitas yang wajib teman-teman lakukan di sini.

Pulau Pahawang terbagi menjadi dua, yaitu Pahawang Besar dan Pahawang Kecil. Pahawang Besar terbuka untuk wisatawan umum sedangkan Pahawang Kecil merupakan pulau pribadi. Walaupun merupakan pulau pribadi, kita masih bisa bermain-main di area luarnya, tepatnya di lokasi pasir timbul.

Untuk penginapan, teman-teman bisa dengan mudah menemukan homestay yang dikelola oleh warga dengan harga terjangkau, baiknya pergi beramai-ramai yaa jika ingin dapat harga lebih murah

Setelah asyik snorkeling dan diving di Pulau Pahawang, jangan lupa untuk berkunjung ke Pulau Wayang yang suasananya mirip dengan Raja Ampat.

Pulau Wayang merupakan gugusan pulau dengan tebing yang tinggi dan tidak berpenghuni. Letaknya yang berbatasan langsung dengan laut dalam membuatnya terkenal sebagai spot memancing yang hits! Meski tidak sebanyak di Kiluan, kita juga bisa menjumpai lumba-lumba yang berlalu lalang di sini loh.

Snorkling dan diving dipilih para pengunjung karena kejernihan Pulau Pahawang. Ada terumbu karang dan biota laut lainnya yang menjadi daya tarik saat snorkling dan diving di Pulau Pahawang. Pasir putih di Pulau Pahawang juga menjadi salah satu alasan berkunjung kesini.

Namun anda beberapa waktu yang bisa anda catat jika akan berkunjung ke Pahawang. Hindari saat adanya angin barat yakni pada Bulan September sampai Desember. Angin barat dapat membahayakan perjalanan menuju pahawang karena menimbulkan ombak yang cukup tinggi.

Taman Nasional Way Kambas

Chicco Jerikho di Taman Nasional Way Kambas (sumber: IG Chicco Jerikho)

Sudah tidak asing lagi, kalau Gajah merupakan mamalia yang sudah hampir punah, Taman Nasional Way Kambas ini merupakan salah satu tempat perlindungan gajah-gajah tersebut. Selain itu masih ada beberapa taman nasional lainnya yang bertujuan sama.

Banyak sekali aktivis lingkungan yang mengkampanyekan perlindungan terhadap mamalia terbesar di dunia itu. Aktor hollywood seperti Leonardo Dicaprio salah satu contohnya, selain itu ada Chicco Jerikho yang juga terlibat dalam kampanye perlindungan Gajah Sumatera.

Nah, tidak ada salahnya kan kalau teman-teman juga bergerak ikut serta dalam kampanye perlindungan Gajah Sumatera. Berkunjung ke Taman Nasional Way Kambas menjadi salah satu wisata edukasi bagi teman-teman yang ingin mengenal lebih dekat dengan Gajah Sumatera.

Wisata Edukasi di Taman Nasional Way Kambas

Taman nasional ini berada di Lampung Timur, jaraknya sekitar 93 km dari Kota Bandar Lampung dengan waktu tempuh sekitar dua jam setengah. Rutenya yakni Bandar Lampung – Tigeneneng – Metro – Sukadana – Way Jepara – Taman Nasiona Way Kambas. Untuk transportasi umum, saat ini telah disediakan bus khusus dari Terminal Rajabasa menuju taman gajah tersebut.

Taman Nasional Way Kambas memiliki beberapa zona diantaranya Zona Inti, Zoba Rimba, Zona Pemanfaatan dan juga Zona Penyangga. Dari pembagian zona ini, beberapa zona diantaranya sudah dimanfaatkan sebagai lokasi wisata. Jika merujuk pada situs resmi Taman Nasional Way Kambas, ada dua lokasi yang dijadikan sebagai destinasi wisata yakni Pusat Konservasi Gajah dan Way Kanan Resort.

Pusat konservasi gajah (PKG) merupakan lokasi yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan. Disini pengunjung bisa melihat atraksi gajah, ikut memandikan gajah dan juga melihat gajah bertanding sepak bola.
Pengunjung bisa mendekat dengan pengawasan oleh mahout gajah. Lokasi ini spot terbaik untuk menyaksikan dan berfoto dengan si mamalia raksasa ini.

Resort Way Kanan, di resort ini pengunjung bisa merasakan suasana alam liar. Selain menginap, pengunjung juga bisa mendirikan perkemahan di lokasi ini.

Nuansa alam liar di Resort Way Kanan ini sangat kental terasa, di sekitar lokasi ini beberapa satwa liar seperti monyet ekor panjang dan biawak serta babi hutan tak jarang menampakan diri. Dari resort inilah aktivitas birdwatching dan juga junggle track dimulai.

Penginapan di Taman Nasional Way Kambas

Sebenarnya di dalam taman nasional ini sudah terdapat fasilitas penginapan bagi wisatawan yang ingin merasakan suasana malam di dalam Taman Nasional. Penginapan tersebut ada di PKG dan juga Resort Way Kambas

Berkunjung ke Taman Nasional Way Kambas akan memberikan pengalaman yang tak terlupakan bagi teman-teman. Oleh sebab itu, teman-teman wajib menjadikan lokasi ini sebagai daftar kunjungan liburan di Lampung.

Puncak Mas Lampung

(sumber: pergidulu.com)

Kalau dua daftar tempat liburan di atas terlalu ekstrim dan sulit dijangkau karena jarak yang cukup jauh, maka teman-teman bisa berkunjung ke Puncak Mas yang terletak di Kota Bandar Lampung. Puncak Mas merupakan lokasi wisata perbukitan yang sedang hits di Bandar Lampung, jadi teman-teman tidak perlu pergi terlalu jauh dari pusat kota untuk menikmati angin segar dilatarbelakangi dengan pemandangan yang indah.

Teman-teman bisa langsung menemukan keseruan ketika masuk ke komplek wisata Puncak Mas, ada balon raksasa yang menyerupai hot air balloon (tapi tidak benar-benar terbang), ada pula rumah-rumah pohon, mushola yang juga berada di atas pohon. Kalau lapar teman-teman bisa menemukan area food hall yang menjual berbagai macam makanan dan cemilan.

(sumber: pergidulu.com)

Yang pasti semuanya bisa menjadi lokasi foto yang instagramable ya teman! Selain itu, pemandangannya dan udara sejuknya menjadi pelepas penat bersama keluarga. Bagi yang membawa anak-anak, tetap di bawah pengawasan ya teman, karena banyak lokasi foto yang harus naik tangga yang tentunya memiliki resiko. Oiya, saran yang saya dengar, baiknya datang ke Puncak Mas saat weekend, karena semakin meriah dengan adanya live music.

Mencari Penginapan untuk Liburan di Lampung

Mencari hotel di Lampung tidak sulit loh teman-teman, karena sekarang ada Pegipegi yang memudahkan kita menemukan hotel yang sesuai di hati dan yang pasti sesuai di dompet hehe.

Penampilan situs Pegipegi

Bagi saya yang memiliki bayi, tentunya berwisata kemanapun, penginapan menjadi hal yang utama. Kenyamanan, lokasi dan juga harga merupakan pertimbangan ketika memilih penginapan. Untungnya ada Pegipegi yang memberikan kemudahan bagi saya ketika merencanakan liburan bersama keluarga. Apa saja fiturnya:

  1. Tersedia dalam versi website dan aplikasi untuk handphone android atau apple.
  2. Bisa memilih lokasi dengan mudah, tinggal ketik nama dan tanggal saja, lalu search. Friendly user banget!
  3. Menampilkan filter pencarian hotel (bintang hotel, area hotel, fitur hotel, tipe hotel, peta lokasi hotel, hotel populer, dll).
  4. Penjelasan tentang masing-masing hotel yang cukup baik.
  5. Adanya rewards ketika membooking dengan Pegipegi, yang pasti harus register by email dulu ya,
  6. Memberikan ringkasan tentang daerah wisata yang akan kita tuju. Misalnya Bandar Lampung (tentang kotanya, akses, area populer, transportasi, tempat wisata, dll).
  7. Foto-foto hotel yang ditampilkan sangat baik.
  8. Selain hotel, ada juga fitur pencarian pesawat dan kereta api.
  9. Layanan customer service nya 24 jam.
Penjelasan tentang Bandar Lampung di situs Pegipegi

Jadi, teman-teman yang ingin berwisata ke Lampung bisa kunjungi situs Pegipegi ya! Jangan lupa untuk terus mencintai Indonesia yang kaya akan wisata alamnya!


7 thoughts on “Tempat Wisata Favorit di Lampung”

  1. Waah, bisa snorkeling sama diving di Pulau Pahawang kayaknya seru banget yaa. Semoga aku bisa jelajah ke lampung segera nih, udah gak sabar pengen ngegadoin sepuasnya keripik pisang cokelat khas lampung dan nyobain pake pegipegi. :”)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.