Madura, Surabaya, Traveling, Wisata Kuliner

Bebek Songkem Pak Salim, Kuliner Sehat Asli Madura

Sudah pada tahu dong juaranya kuliner bebek dari Madura! Bebeknya gurih dengan bumbu meresap sampai ke dagingnya, ditambah sambal pencitnya yang khas dan pedas bikin nagih! Di Jakarta, saya tidak bisa menemukan kuliner bebek yang enak, yang ada (seringnya) daging bebeknya kurus, ditambah bumbunya tidak meresap. Puas deh selama tinggal di Surabaya ini nyicipin kuliner bebek yang enak-enak.

Terakhir, saya berkesempatan nyobain Bebek Songkem Pak Salim.. Hmm, penasaran kayak apa? Jadi, bebeknya ini dimasak dengan dikukus selama tiga jam, tapi nggak pakai air, sebagai gantinya pakai batang pohon pisang (gedebong pisang). Nah ajaibnya, bebek songkem ini bebas kolesterol loh, karena dimasak dengan cara seperti itu..

Bebek Songkem Pak Salim

Bebek Songkem Pak Salim
Bebek Songkem Pak Salim
Bebek Songkem Pak Salim

Oiya kenapa sih namanya Bebek Songkem??

Dalam bahasa Jawa, songkem sama artinya dengan sungkem, sering dikaitkan dengan sungkem pada orang-orang yang kita hormati, seperti orangtua, kyai dan tokoh. Di setiap desa di Madura, minimal ada seorang kyai, yang dengan sukarela mengajari ngaji anak-anak desa tanpa digaji. Sebagai bentuk tanda terima kasih wali murid pada kyai tersebut, maka pada hari-hari tertentu, wali murid membawakan oleh-oleh spesial berupa bebek atau ayam.

Bebek ini dimasak dengan cara dikukus tanpa air selama kurang lebih 3 jam dengan posisi leher dan kepala bebek ditekuk menunduk seperti orang sungkem. Sebagai ganti air, dipakai batang pohon pisang. Karena cara mengukus dengan menggunakan pohon pisang belum ada istilahnya. Nah, di kampung bebek songkem tadi, cara masak seperti itu diberi istilah “songkem”, karena masakan spesial ini khusus diberikan kepada kyai atau orang yang sangat kita hormati. Bebeknya dibuat berposisi “nyongkem”.

Buat saya yang suka mikir-mikir kalau makan bebek karena takut kolesterol, disini saya merasa aman dan nikmat makan Bebek Songkem. Untungnya, lokasi Bebek Songkem Pak Salim ini tidak terlalu jauh dari Jembatan Suramadu, jadi sekalian jalan-jalan menikmati jembatan tersohor di Jawa Timur, sekalian mampir deh ngisi perut di Bebek Songkem Pak Salim.

Bebek Songkem ini murni di kukus, saya sangat suka karena bumbu-bumbunya benar-benar meresap sampai ke tulang malah! Tulangnya juga jadi empuk dan crunchy digigit! Karena mengikuti kebutuhan konsumen, maka Bebek Songkem Pak Salim ini berinovasi dengan menyediakan Bebek Songkem Goreng yang nggak kalah enak! Harusa coba semua menunya ya kalau mampir ke Bebek Songkem Pak Salim.

Bebek Songkem Pak Salim (kukus)
Bebek Songkem Pak Salim (goreng)
Vlogger Surabaya (kiri) dan Pemilik Bebek Songkem (Kanan)
Daftar menu Bebek Songkem Pak Salim
Daftar menu Bebek Songkem Pak Salim

Saat keluar Jembatan Suramadu akan banyak kita temui Bebek Songkem ya, tapi untuk yang asli yaa Bebek Songkem Pak Salim! Jangan sampai salah, karena Bebek Songkem Pak Salim jelas dimasak secara tradisional yang membuat rasa bebeknya nikmat dan beda dari yang lainnya. Kalau sampai salah masuk resto (nanti nggak sesuai rasanya) saya nggak tanggung jawab yaa hehe..

Terus gimana dong nemuin yang aslinya?? Don’t worry, nanti akan ditemui spanduk-spanduk kecil dipinggir jalan saat keluar Jembatan Suramadu, tulisannya “Bebek Songkem Pak Salim”, ikutin aja tulisan itu sampai menemukan lokasinya yang ada di kanan jalan (pinggir jalan). Mau makan di tempat atau dibungkus, tetap sama-sama nikmat koq.. Yuk cuss!!

Bebek Songkem Pak Salim
Bebek Songkem Pak Salim
Bebek Songkem Pak Salim

Untuk alamatnya disini yaaa:

Bebek Songkem Pak Salim

Jl. Raya Ketengan No.85, Tunjung, Burneh, Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur 69121

Mapsnya bisa klik disini ya!

Buruan ke Bebek Songkem Pak Salim, kurang afdhol kalau ke Surabaya nggak mampir ke Madura, dan kurang lengkap kalau ke Madura nggak makan di Bebek Songkem Pak Salim, haha!

8 thoughts on “Bebek Songkem Pak Salim, Kuliner Sehat Asli Madura”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *