Traveling, Traveloka

Dengan Traveloka, Hidup di Rantau #JadiBisa Sering Mudik

Kereta Api Indonesia (foto: trevelsia)

Sebagai seorang anak perempuan yang sudah menikah, mengikuti kemana suami ditempatkan dalam tugas kerjanya adalah wajib bagi saya, sehingga hal tersebut mengharuskan saya meninggalkan keluarga tercinta. Sejak menikah, otomatis saya langsung keluar dari rumah orang tua dan ikut suami merantau meninggalkan karir saya juga. Setahun pertama, suami ditugaskan di Sumbawa Besar, NTB. Lalu saat ini di tahun ke dua, suami saya ditempatkan di Surabaya, Jawa Timur. Orang tua saya tinggal di Solo, Jawa Tengah. Dari kecil hingga menikah, saya tidak pernah tinggal jauh dari orang tua dan adik-adik, karena itu saya sering kangen dengan orang tua dan adik-adik saya.

Waktu tinggal di Sumbawa Besar, saya merasa susah sekali jika harus mudik, harus naik pesawat berkali-kali untuk tiba di kampung halaman membuat saya bosan dan capek, saya membayangkan jika mudik bisa naik kereta api pasti sangat menyenangkan. Tapi, karena kesusahan tersebut akhirnya saya menemukan Traveloka sebagai partner mudik saya dengan rute penerbangan super panjang dan melelahkan Sumbawa Besar-Solo-Sumbawa Besar.

Saat ini saya sudah tinggal di Surabaya, bersyukur banget! Sejak di Surabaya ini saya jadi lebih sering melakukan perjalanan mudik, bukan saja di saat musim lebaran. Di saat kangen orang tua dan adik-adik biasanya saya segera mengecek aplikasi serbaguna yang ada di smart phone saya, yaitu TRAVELOKA. Saya jatuh cinta dengan aplikasi ini, karena aplikasi ini semacam pintu kemana saja bagi saya.

Pesan tiket kereta api kapan saja, dari mana saja (foto: Traveloka)

Kenapa Traveloka?

  1. Traveloka adalah partner resmi dari PT Kereta Api Indonesia, jadi sudah pasti aman jika memesan tiket kereta api disini. Apalagi di saat musim mudik lebaran, pas banget deh memesan tiket kereta api di Traveloka.
  2. Adanya fasilitas Passenger Quick Pick, yaitu merupakan fasilitas yang disediakan oleh Traveloka untuk menyimpan data-data penumpang dalam satu account. Manfaatnya, memudahkan para pemesan tiket di kemudian hari ketika melakukan booking tiket lainnya, karena kita tinggal memilih data penumpangnya saja tanpa harus menulisnya lagi secara manual. Menghemat waktu kan!
  3. Dengan Traveloka, kita bisa memilih kursi yang diinginkan. Membuat perjalanan kita semakin nyaman ya!
  4. Di Traveloka bisa melakukan last minute booking loh! Batas waktu booking-nya adalah 3 jam sebelum keberangkatan. Bisa dibayangkan kalau kita butuh tiket kereta api dadakan, pasti inget dengan Traveloka ya!

Dengan keuntungan-keuntungan yang saya sebutkan di atas, yang paling berarti bagi saya adalah Traveloka merupakan partner resmi dari PT Kereta Api Indonesia. Pernah suatu saat saya harus merubah jadwal keberangkatan saya menuju Stasiun Solo Balapan karena ada interview pekerjaan impian saya yang tidak bisa diubah jadwalnya, saya dan suami ragu apakah bisa?? Ternyata sesuai arahan dari customer service Traveloka, kami hanya perlu datang ke stasiun keberangkatan untuk merubahnya, waktu itu Stasiun Surabaya Gubeng. Ternyata benar saja, kami hanya perlu menunjukkan bukti booking tiket dari Traveloka ke petugas loket di stasiun dan tidak ada 10 menit kami pun mendapatkan tiket baru saya yang telah diubah tanggalnya. Wah, benar-benar terpercaya sebagai partner resmi PT KAI. Makin yakin dengan Traveloka deh!

Ini nih beberapa syarat dan ketentuan jika ingin merubah jadwal atau membatalkan tiket kereta api yang telah di booking melalui Traveloka:

Pemesanan kereta api dapat dilakukan reschedule ataupun refund, selama tidak untuk kelas :
M, X, W, Y, U, dan Z (eksekutif promo).

Untuk pemesanan tiket kereta api di Traveloka dapat dilakukan reschedule, akan tetapi belum dapat diajukan di Traveloka.
Prosedur reschedule tiket kereta api dengan ketentuan sebagai berikut :

1. Jika masih kurang dari 24 jam dari waktu keberangkatan, penumpang dapat mengajukan reschedule di
    stasiun keberangkatan.
2. Jika lebih dari 24 jam dari waktu keberangkatan, penumpang dapat mengajukan reschedule di stasiun
     yang memilki fasilitas online.
3. Maksimum 2 jam sebelum kebarangkatan (untuk perubahan yang maju dari jadwal original, maka
     batas waktu pengajuan adalah 2 jam sebelum jadwal keberangkatan yang baru)
     Contoh:
     Jadwal original: Kamis, pukul 16:00
     Jadwal perubahan yang diinginkan: Rabu, pukul 15:00
     Maksimal pengajuan perubahan adalah: Rabu, 13:00
4. Maksimum 60 menit sebelum keberangkatan (untuk perubahan yang mundur dari jadwal original,
     maka batas waktu pengajuan adalah 1 jam sebelum jadwal keberangatan original)
     Contoh:
     Jadwal original: Kamis, pukul 16:00
     Jadwal perubahan yang diinginkan: Jumat, pukul 16:00
     Maksimal pengajuan perubahan adalah: Kamis, pukul 15:00
5. Biaya perubahan jadwal sebesar 25% akan dikenakan dari harga tiket dasar.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai pemesanan tiket kereta Anda, silahkan langsung menghubungi call center PT KAI di nomor 021121.
Selain kemudahan-kemudahan yang telah saya sebutkan, saya juga suka banget dengan Traveloka karena sangat user friendly, bisa menggunakan Bahasa Indonesia sehingga memudahkan semua pihak untuk menggunakannya. Pernah suatu saat Mama dan Papa saya (yang nggak bisa Bahasa Inggris sama sekali) menelpon saya, mereka mau cari tiket kereta api untuk ke Jakarta. Saya infokan untuk download Traveloka saja dan pilih Bahasa Indonesia sebagai pengaturan bahasanya. Mudah kan! Ditambah dengan tampilan aplikasi dan website-nya yang sangat nyaman dilihat. Mama dan Papa saya yang agak gaptek aja bisa paham loh penggunaan aplikasi Traveloka di handphone mereka.
Jaman now pastinya segala sesuatu sudah serba modern dan cepat, otomatis kita juga butuh travel agent yang modern dan cepat juga demi kelancaran mobilisasi, makanya sekarang online travel agent berlomba-lomba menyediakan pelayanan terbaik mereka. Online travel agent (OTA) adalah salah satu jenis travel agent yang seluruh kegiatan transaksinya dilakukan secara online. Jenis travel agent ini menyediakan layanan reservasi online dan sarana yang dibutuhkan oleh konsumen dalam melakukan perjalanan (sumber: internet).
 

Traveloka merupakan online travel agent terfavorit saya, karena loading-nya yang cepat, tidak kenal yang namanya reload page. Kita bisa menggunakannya dari smart phone ataupun dari komputer tanpa takut gagal booking karena lama loading (ini kecuali provider internetnya yang bikin masalah ya hehe). Masalah kepercayaan menjadi special concern saya ketika melakukan pemesanan tiket melalui online travel agent semacam ini, karena saya tidak mau dipusingkan dengan kegagalan booking berkali-kali, yang ujung-ujungnya malah kehabisan tiket dan bikin bad mood! Saya percaya banget sama Traveloka!

Pelayanan customer service-nya juga tersedia 24 jam sehari, 7 hari seminggu, bisa melalui telepon, live chat atau sosial media-nya Traveloka. Saya pernah menggunakan layanan live chat-nya Traveloka, nggak ada 1 menit langsung dijawab oleh customer service-nya, hebat deh! Jadi, segala masalah dan kebutuhan perjalanan dan rekreasi kita bisa segera ditangani. Saya tidak bisa menjelaskan lebih detail tentang Traveloka, intinya satu aplikasi saja, yaitu Traveloka sudah cukup dalam genggaman, mau kemana saja dan kapan saja tinggal buka dan pilih sesuai tanggal. Traveloka dulu! Mudik kemudian!

Akun sosial media resmi Traveloka (foto: Traveloka)

Dengan adanya Traveloka, saya merasa sangat dekat dengan keluarga saya di rumah, apalagi saya memang lebih senang naik kereta api ketika harus mudik, melihat pemandangan sawah, sungai dan rumah-rumah warga selama di perjalanan membuat saya selalu kangen dan kangen lagi dengan kampung halaman. Hidup di rantau mengharuskan saya punya Traveloka di handphone saya! Traveloka adalah aplikasi wajib yang harus selalu online di handphone saya. Entah mudik atau traveling, saya selalu percayakan kebutuhan perjalanan saya kepada Traveloka. Terimakasih Traveloka telah memberikan pengalaman perjalanan yang tidak terlupakan bagi hidup saya. Kemanapun saya akan pergi dan dimanapun saya akan tinggal, saya tidak akan ragu lagi ketika ingin pulang ke rumah. Jarak bukanlah sesuatu yang penting selama ada Traveloka.

4 thoughts on “Dengan Traveloka, Hidup di Rantau #JadiBisa Sering Mudik”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *